Bahasa C++

Aturan Dasar Penulisan Bahasa Pemrograman C++

aturan dasar penulisan kode cpp

Assalamu’alaikum,,,,, Selamat Datang di matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan pembahasan tentang bahasa pemrograman C++ . Adapun yang akan dibahas adalah aturan dasar penulisan di bahasa C++. Bagi teman teman yang belum paham tentang struktur penulisan bahasa C++ bisa dilihat dipostingan saya sebelumnya disini. Untuk compiler yang saya gunakan adalah visual studio 2012, jika beda silahkan menyesuaikan. Berikut beberapa aturan dasar dalam penulisan kode program C++

Aturan Penulisan Huruf Besar/Kecil pada Kode Program C++

Kode program di bahasa java bersifat case sensitif jadi penulisan huruf besar dan kecil dianggap berbeda. Sebagai contoh perintah cout tidak bisa kita tuliskan dengan Cout, karena jika dijalankan akan eror seperti berikut:

erorr huruf besar pada penulisan bahasa c++

Untuk penulisan variabel juga akan berbeda antara huruf besar dan kecil. Variabel luasLUAS, dan Luas adalah 3 variabel yang berlainan. Aturan ini berbeda jika dibandingkan bahasa pemrograman PASCAL yang bersifat case insensitif (tidak membedakan huruf besar dan kecil).

Penulisan Komentar pada Bahasa C++

Komentar atau comment adalah ‘kode program’ yang ditambahkan untuk memberi keterangan/penjelasan mengenai cara kerja program. Komentar tidak akan diproses oleh compiler C++ dan berfungsi untuk memberi keterangan tambahan (terutama jika kode program yang ditulis cukup rumit). Pada Bahasa C++ komentar bisa dituliskan dengan tanda “//”. Tanda “//” hanya bisa berlaku satu baris saja sebagai contoh:

#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

void main(){
//untuk menampilkan program di layar
cout<<"Program Pertama Saya";
_getch();
}

Jika ingin lebih dari 2 baris bisa ditambahkan tanda “//” lagi atau bisa pakai tanda /* dan */ seperti contoh berikut:

/* Program C++
   Menampilkan tulisan di layar
   Matericoding.com
*/

#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

void main(){
//untuk menampilkan program di layar
cout<<"Program Pertama Saya";
_getch();
}

Jika dijalan kan, komentar tidak akan dieksekusi. Sebagai contoh hasilnya sebagai berikut

Hasil program c++

Penulisan Statement pada Kode Program C++

Statement dalam bahasa C++ adalah sebuah baris perintah. Hampir semua baris perintah (statement) harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ). Sebuah statement tidak harus mencakup satu baris. Perintah kondisi seperti if else dan perulangan (looping) bisa mencakup beberapa baris, dan ini dianggap sebagai satu statement.Statement yang terdiri dari beberapa baris seperti ini biasanya diawali dengan tanda kurung kurawal ” { ” dan diakhiri dengan tanda ” } “. Bagian ini juga sering disebut sebagai blok kode program. Khusus blok kode program seperti ini, tidak perlu diakhiri dengan tanda titik koma.

#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

void main(){
//contoh statement 1 baris
int a=1;
cout<<"Program Pertama Saya\n";
//contoh statement lebih dari 1 baris(Kode Blok Program)
if (a>0) {
	cout<<a<<" Merupakan Angka positif";
}
_getch();
}

Keyword Pada Program C++

Keyword adalah kata kunci yang menjadi dasar perintah bahasa C++. Keyword ini tidak bisa digunakan sebagai identifier (variabel, konstanta maupun nama dari sebuah fungsi).

Sebagai contoh, perhatikan statement berikut:

int a = 50;
return 0

Disini, kata int dan return merupakan keyword dan memiliki makna tertentu di dalam bahasa C++. Terdapat beberapa kata kunci (keyword) dalam bahasa pemrograman C++, yakni:

struct auto double int
if continue union return
static extern char register
default while typedef enum
goto float volatile sizeof
short const signed for
unsigned do void case
switch break else long

Seluruh kata ini tidak bisa digunakan sebagai nama variabel / konstanta dalam bahasa C++.

Penulisan Identifier pada Bahasa Pemrograman C++

Identifier adalah nama untuk menandakan “sesuatu” sepanjang kode program. Contoh dari identifier adalah variabelkonstanta dan fungsi. Seabagi contoh bisa dilihat pada kode program berikut

int panjang;
int tinggi;
double luas;

bisa kita lihat, panjang, tinggi dan luas merupakan variabel dan termasuk identifier

Secara umum, aturan penulisan identifier sebagai berikut.

  • Identifier harus selain dari keyword (yang terdapat di tabel sebelum ini). Sebagai contoh, kita tidak bisa memakai kata int sebagai nama variabel, karena int merupakan keyword untuk menandakan tipe data integer.
  • Identifier bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore / garis bawah ( _ ).
  • Karakter pertama dari identifier hanya bisa berupa huruf dan underscore, tidak bisa berupa angka. Meskipun boleh, tapi tidak disarankan menggunakan karakter underscore sebagai awal dari identifier.

Demikian beberapa aturan penulisan program C++ yang bisa dijadikan pedoman bagi teman teman dalam pembuatan program C++. Jika masih ada yang belum jelas, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Sekian Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Salam Matericoding

(sumber)

Add Comment

Leave a Comment