Bahasa C++

Cara Menjalankan Kode Program C++ dengan Visual Studio

Assalamu’alaikum… Selamat datang di Matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman C++. Pada postingan sebelumnya, telah dibahas tutorial tentang cara menjalankan kode program C++ pada borland C++. Jika di komputer teman-teman tidak bisa diinstal borland C++, Kalian bisa menggunakan Visual Studio sebagai alternatif. Cara penggunaannya pun cukup mudah untuk pemula. Selain itu bisa juga menggunakan compiler lainnya seperti Code::Block dan DEV C++.

Pengertian Visual Studio

Microsoft Visual Studio merupakan sebuah perangkat lunak lengkap (suite) yang dapat digunakan untuk melakukan pengembangan aplikasi, baik itu aplikasi bisnis, aplikasi personal, ataupun komponen aplikasinya, dalam bentuk aplikasi console, aplikasi Windows, ataupun aplikasi Web.

Visual Studio mencakup kompiler, SDK, Integrated Development Environment (IDE), dan dokumentasi (umumnya berupa MSDN Library). Kompiler yang dimasukkan ke dalam paket Visual Studio antara lain Visual C++, Visual C#, Visual Basic, Visual Basic.NET, Visual InterDev, Visual J++, Visual J#, Visual FoxPro, dan Visual SourceSafe.

(Sumber)

Memulai Visual Studio

Visual Studio memang sering kali digunakan untuk membuat program VB.net. Tetapi bisa juga untuk menjalankan kode program C++. Untuk langkah awal silahkan didownload dulu Visual studio, saran saya yang versi 2008 keatas. Untuk tutorial ini saya menggunakan Visual Studio 2012. Silahkan cari masternya di google ya. Hehehe. Setelah itu diinstal jika sudah berhasil didownload. Bagi yang sudah ada bisa langsung dibuka Softwarenya.

Untuk Tampilan Awal sebagai berikut:

tampilan awaln visual studio

Untuk membuat project C++ baru, klik file new project, Kemudian akan masuk ke jendela new project seperti berikut:

Tampilan New project

Kemudian kita klik bagian installedTemplates Other Languages Visual C++ – General. Kemudian kita pilih Empty Project. Setelah itu kita kasih nama project kita dan pilih tempat penyimpanan dengan menekan tombol browse. Setelah selesai kita klik OK. Dan akan muncul tampilan seperti dibawah ini:

Buat file baru

Langkah selanjutnya pada project yang telah berhasil dibuat tadi, kita tambahkan source file yang nanti kita isikan kode C++ nya. Caranya klik kanan pada source file lalu Pilih Add New Item. Dan akan muncul jendela New Item Seperti dibawah ini.

cara buat file baru bag 2

Kemudian klik bagianVisual C++ lalu pilih C++ File(.cpp) . Jangan lupa dikasih nama dan pilih tempat penyimpanannya. Setelah itu Klik Add.

Tampilan New file

Dan kode Program C++ pun siap dituliskan.

Menjalankan Kode Program C++

Kode program yang dijalankan di Visual Studio sedikit berbeda dengan kode program yang ada di Borland C++. Sebagai contoh program C++ yang dijalankan di Borland C++.

#include<iostream.h>
#include<conio.h>
 
main(){
cout<<"Program Pertama Saya";
getch();
}

program di atas, jika dijalankan di visual studio, tidak akan jalan karena di visual studio fungsi cout membutuhkan std. Maka pada fungsi cout penulisannya std::cout.

Untuk bagian header, format penulisan iostream tanpa menggunakan h. Untuk bagian main, pada visual studio membutuhkan tipe data, bisa ditambahkan void, jadi untuk penulisannya adalah void main().

Maka penulisan programnya sebagai berikut:

#include<iostream>
#include<conio.h>
 
void main(){
std::cout<<"Program Pertama Saya";
_getch();
}

fungsi std akan terus ditulis didepan fungsi cout dan akan sangat merepotkan jika terdapat banyak fungsi cout. Maka dari itu, kita bisa menambahkan fungsi using namespace std di bawahnya bagian file header. Jadi dengan begitu kita hanya menuliskan cout saja seperti berikut:

#include<iostream>
#include<conio.h>
using namespace std;

void main(){
cout<<"Program Pertama Saya";
_getch();
}

Silahkan diketikkan di Visual Studionya dan kemudian jalankan atau dirunning.

cara running kode program C++

Jika benar, hasilnya seperti berikut ini:

Hasil Running kode program C++

Untuk penjelasan kode program bisa dilihat di tutorial sebelumnya.

Perbedaan Penulisan Kode program di Borland C++ dan Visual Studio

Tutorial yang akan saya buat menggunakan Visual Studio, untuk itu, bagi yang masih pakai borland C++ bisa dilihat perbedaan dalam penulisan programnya.

  1. Penulisan File header iostream di Visual studio adalah #include<iostream> dan tidak bisa menggunakan #include<iostream.h>, tapi di borland C++ bisa menggunakan dua-duanya.
  2. Judul fungsi di Visual Studio harus menggunakan tipe data seperti void main(), int main() Dll. Jika di Borland C++ bisa menggunakan main() saja.
  3. Di visual Studio harus menggunakan fungsi std di beberapa perintah sebagai contoh std::cout, std::cin Dll, jadi untuk mengatasi penulisan std terlalu sering, digunakan perintah using namespace std yang diletakkan di bawah header. Sementara di Borland C++ tidak menggunakan fungsi std. Maka penulisan kode program C++ pada borland C++ tidak menggunakan perintah using namespace std.

Demikian tadi tutorial cara menjalankan kode program C++ di Visual studio. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Sekian terimakasih

Wassalamu’alaikum ….

#SalamMatericoding

Add Comment

Leave a Comment