Bahasa C++

Cara Menjalankan Program C++ dengan Borland C++

Assalamu’alaikum…. Selamat datang di matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tutorial bahasa pemrograman C++. Setelah kemarin kita bahas tentang pengenalan C++, untuk kali ini akan dibahas cara menjalankan program C++ yang telah kita buat.

Compiler C++

Untuk menjalankan program C++ , kita membutuhkan compiler. Beberapa compiler yang saya sudah saya coba antara lain Borland C++, Dev C++, dan Visual studio. Dari pengalaman saya menggunakan ketiga software tersebut, terdapat perbedaan dalam penulisan sintaxnya. Mungkin bagi temen-temen yang lain punya rekomendasi bisa ditulis di kolom komentar.

Menjalankan Program C++ di Borland C++

Borland C++ adalah salah satu, compiler yang sering saya gunakan. Sofware ini adalah sofware lama dan lancar dijalankan di windows xp dan 7 32 bit. Untuk Windows 10 kadang erorr softwarenya saat melakukan running, jadi saran saya jika anda yang pakai windows 10, gunakan Visual Studio.

Untuk menjalankan Program C++ di borland C++, pastikan dah terinstal softwarenya. Untuk tampilan awal sebagai berikut.

Tammpilan borland C++
Tampilan Borland C++

Untuk latihan bisa diketikkan script berikut:

#include<iostream.h>
#include<conio.h>

main(){
cout<<"Program Pertama Saya";
getch();
}

Untuk menjalankan kita bisa klik run di atas(Gambar Petir). Dan jika program anda benar, hasilnya sebagai berikut:

Tampilan Hasil Run Program C++
Tampilan Hasil Running

Penjelasan Contoh Program C++

Sedikit saya jelaskan script program yang telah ditulis tadi.

#include <iostream.h> dan #include<conio.h> adalah praprocesormyang berfungsi pengatur proses compilasi. Sebagai contoh fungsi COUT tidak akan berjalan jika tidak ada #include <iostream.h> . Sementara untuk #include<conio.h> digunakan untuk menjalankan perintah getch().

main() sebagai judul fungsi. Beberapa compiler tidak bisa dijalankan jika hanya memakai fungsi main. Jika tidak bisa dijalankan bisa mengunakan fungsi void main()

cout diikuti tanda << berfungsi untuk menampilkan tulisan dilayar saat program dijalankan. Sebagai contoh program diatas menampilkan tulisan “Program pertama saya“.

getch() berfungsi untuk menghentikan program saat dijalankan. Dibeberapa compiler, program akan otomatis keluar setelah dijalankan apabila tidak menggunakan fungsi ini.

Demikian sedikit penjelasan cara menjalankan program c++ dengan menggunakan borland C++ dengan sedikit contoh dan penjelasannya. Jika masih eror atau ada pertanyaan lainnya, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Untuk postingan berikutnya akan saya jelaskan cara menjalankan program C++ dengan menggunakan Visual Sudio karena ada perbedaan sdikit tentang scripnya. Sekian Terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr Wb

#SalamMateriCoding

Add Comment

Leave a Comment