Bahasa Java

Input Data pada Bahasa Java dengan Scanner

Assalamu’alaikum, Selamat datang di matericoding. Pada kesempatan kali ini akan di jelaskan lanjutan dari materi bahasa pemrograman java. Pada materi sebelumnya telah dibahas cara menampilkan teks atau data dan untuk kali ini kita lanjut materi cara input data pada bahasa java dengan scanner.

Cara Input Data pada Bahasa Java dengan Scanner Class

Jika dibandingkan dengan beberapa bahasa pemrograman dasar lain seperti Pascal, C, C++ dan juga Python, proses input data dalam bahasa Java termasuk yang paling kompleks. Kita butuh mengakses class khusus dan “membaca inputan” dengan perintah tertentu. Perintah yang digunakan juga beda-beda tergantung tipe data.

ada beberapa cara diantaranya scanner, buferredreader dan pada netabeans, kita bisa melakukan input dengan jOptione Pane. Untuk kali ini kita bahas dulu dengan scanner class. Berikut contohnya

import java.util.Scanner;

public class LatihanInput {
  public static void main(String args[]){
     
    Scanner input = new Scanner(System.in);
     
    System.out.print("Nama anda? ");
    String nama = input.nextLine();
    System.out.println("Selamat datang, " + nama);
     
  }   
}

Di baris pertama terdapat perintah import java.util.Scanner yang berguna untuk proses import java.util.Scanner class ke dalam kode program saat ini.

Perintah tersetbut diperlukan karena Scanner class bukanlah class bawaan Java yang secara otomatis langsung tersedia. Sepanjang belajar bahasa Java ini, nantinya kita akan melihat perintah import class lain.

Dalam bagian main(), terdapat perintah Scanner input = new Scanner(System.in). Ini merupakan proses instansiasi Scanner class ke dalam variabel input. Dengan kata lain, variabel input akan berisi object dari Scanner class.

Penjelasan ini memang agak susah di mengerti, karena butuh pemahaman tentang materi OOP (Object Oriented Programming), atau pemrograman berbasis object di Java.

Untuk saat ini, anggap saja baris Scanner input = new Scanner(System.in) harus ditulis persis seperti itu, dan hasilnya variabel input akan berisi object dari class Scanner. Variabel input inilah yang nantinya kita pakai untuk menjalankan perintah input data.

Di baris 8 saya menulis perintah System.out.print(“Nama anda? “) sekedar untuk menampilkan teks “Nama anda?“. Karena menggunakan System.out.print(), maka baris selanjutnya akan disambung, tidak pindah ke baris baru.

Kemudian di baris 9 terdapat perintah String nama = input.nextLine(). Di sini saya membuat sebuah variabel nama bertipe String. Artinya, variabel nama bisa diisi dengan kumpulan teks. Variabel nama langsung diisi dengan hasil pemanggilan perintah input.nextLine(). Disinilah proses input dilakukan.

Terakhir di baris 10 saya menampilkan isi dari variabel nama, yakni hasil yang didapat dari proses input.

Jika dijalankan hasilnya seperti berikut:

run Input Data pada Bahasa Java dengan Scanner

Jika kita jalankan, akan muncul tulisan nama anda?, silahkan Masukkan nama sebagai contoh saya tulis nama Anita lalu dienter dan akan muncul tulisan Selamat datang , Anita. sesuai dengan yang kita inputkan.

Cara Input Data Tipe Data Integer dengan Scanner

Dalam contoh sebelumnya, data yang diinput bertipe String atau teks. Jika diinput angka, itu juga tetap dianggap sebagai string yang tidak bisa kita olah dengan operasi matematika seperti perkalian.

Untuk bisa menginput tipe angka bulat (integer), harus me-modifikasi baris input.nextLine() menjadi input.nextInt(). Berikut contoh penggunaannya:

import java.util.Scanner;

public class LatihanInput {

    public static void main(String args[]) {

        Scanner input = new Scanner(System.in);

        System.out.print("Umur anda? ");
        int umur = input.nextInt();
        System.out.println("Umur anda adalah " + umur + " Tahun");

    }
}

Jika dijalankan

run input data java

Dan untuk tipe data yang lain, menggunakan perintah yang berbeda beda. Berikut daftar perintahnya:

  • nextBoolean()
  • nextByte()
  • nextDouble()
  • nextFloat()
  • nextInt()
  • nextLine()
  • nextLong()
  • nextShort()

Sebagai contoh, jika kita ingin membaca inputan dalam tipe data boolean, perintah yang dipakai adalah input.nextBoolean().

Untuk contoh penggunaan lebih lanjut bisa dilihat di contoh program java. Demikian cara input data pada bahasa pascal dengan scanner. Semoga bermanfaat dan jika ada pertanyaan lebih lanjut bisa ditanyakan lewat kolom komentar.

Sekian dan Terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Salam MateriCoding

(sumber)

Leave a Comment