Bahasa C++

Konstanta Pada Bahasa Pemrograman C++

Assalamu’alaikum, Selamat datang di web MateriCoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan materi tutorial bahasa pemrograman C++. Pada materi sebelumnya telah dibahas tentang variabel pada bahasa pemrograman C++. Untuk selanjutnya, kita bahas tentang penulisan Konstanta pada bahasa pemrograman C++.

Pengertian Konstanta pada Bahasa Pemrograman C++

Konstanta adalah sebuah tempat atau container dari suatu nilai. Sesuai dengan namanya, nilai dari konstanta bersifat tetap (konstan) dan tidak bisa diubah sepanjang program berjalan.

Cara Pembuatan Konstanta dalam Bahasa Pemrograman C++

Untuk membuat konstanta dalam bahasa C, terdapat 2 cara. Yakni menggunakan keyword #define atau menggunakan keyword const.

Membuat konstanta C ++ dengan perintah “#define”

Jika ingin membuat konstanta dengan keyword #define, konstanta ini ditulis sebelum main(). Berikut contoh cara pembuatan konstanta menggunakan #define:

#include <iostream>
#include <conio.h>
//Penulisan Konstanta
#define JUMLAH 8
#define HARGA 1200

using namespace std;

void main(){
cout <<"Jumlah "<<JUMLAH <<endl;
cout <<"Harga "<<HARGA<<endl;

_getch();
}
run progaram konstanta pada bahasa pemrograman C++

Disini saya membuat 2 buah konstanta, yakni JUMLAH dan HARGA. Masing-masing berisi nilai 8 dan 1200. Perintah ini harus ditulis sebelum void main().

Format pembuatan konstanta menggunakan perintah #define adalah:

#define nama_konstanta nilai_konstanta

Dalam kode program diatas, perintah #define JUMLAH 8 artinya saya membuat konstanta bernama JUMLAH yang bernilai 8. Sedangkan perintah #define HARGA 1200 artinya saya membuat konstanta bernama HARGA yang bernilai 1200.

Aturan penamaan konstanta sama seperti identifier lain (sudah kita bahas dalam tutorial sebelum ini: Aturan Dasar Penulisan Kode Program Bahasa C++).

Namun menjadi kebiasaan mayoritas programmer untuk membuat nama konstanta menggunakan HURUF BESAR, agar mudah dibedakan dengan variabel yang menggunakan huruf kecil. Meskipun begitu, kita juga bisa membuat konstanta dengan huruf kecil.

Membuat konstanta C++ dengan perintah “const”

Selain menggunakan perintah #define, konstanta juga bisa dibuat menggunakan perintah const. Bedanya, pembuatan konstanta di ditempatkan di dalam main() dan juga harus ditulis tipe data dari konstanta tersebut.

Berikut contoh kode program bahasa C++ untuk membuat konstanta menggunakan keyword const:

#include <iostream>
#include <conio.h>

using namespace std;

void main(){
//penulisan konstanta
const int JUMLAH = 8;
const int HARGA = 1200;

cout <<"Jumlah "<<JUMLAH <<endl;
cout <<"Harga "<<HARGA<<endl;

_getch();
}
hasil run program konstantan pada bahasa pemrograman c++ dengan conts

Format pembuatan konstanta menggunakan perintah const adalah:

const tipe_data nama_konstanta = nilai_konstanta;

Dalam kode program diatas, perintah const int JUMLAH=8” artinya saya membuat konstanta bernama JUMLAH dengan tipe data integer yang isinya 8.

Sedangkan perintah const int HARGA = 1200 artinya saya membuat konstanta bernama HARGA dengan tipe data integer yang isinya 1200.

Sebagai bahasan terakhir, mari kita coba mengubah nilai sebuah konstanta setelah di definisikan:

kesalahan konstantan

Setelah membuat dan mengisi konstanta HARGA dengan nilai 1200, saya mencoba mengisinya dengan nilai 50000 menggunakan perintah HARGA=50000. Hasilnya tampil Error: expression must be a modifiable lvalue. Artinya ekspresi harus merupakan nilai yang dapat dimodifikasi.

Demikian tutorial penulisan Konstanta pada bahasa pemrogram C++. Jika ada yang kurang jelas bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Sekian terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Salam MateriCoding

(sumber)

Add Comment

Leave a Comment