Bahasa Java

Menjalankan Program Java dengan Netbeans

Assalamu’alaikum Wr Wb… Selamat datang di matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan melanjutkan tutorial tentang bahasa pemrograman java. Pada tutorial sebelumnya, telah saya jelaskan pengenalan bahasa pemrograman java dan untuk kali ini saya akan memberikan tutorial cara menjalankan program java di netbeans berikut dengan contoh programnya.

Pengertian Netbeans

Ada banyak software yang digunakan untuk membuat aplikasi dengan bahasa pemrograman Java. Diantaranya adalah netbeans, eclips, jcreator dan lain-lain. Untuk tutorial ini saya menggunakan IDE netbeans untuk pembuatan aplikasi java.

Netbeans merupakan sebuah aplikasi Integrated Development Environment (IDE) berbasis Java dari Sun Microsystems yang berjalan di atas swing. Swing disini adalah sebuah teknologi Java untuk pengembangan aplikasi dekstop yang dapat berjalan di berbagai macam platform seperti windows, linux, Mac OS X dan juga Solaris. Sebuah Integrated Development Environment adalah lingkup pemrograman yang di integrasikan ke dalam suatu aplikasi perangkat lunak yang menyediakan Graphic User Interface (GUI), yaitu suatu kode editor atau text, suatu compiler dan suatu debugger.

Berdasarkan fungsinya, Netbeans bisa digunakan progammer untuk menulis, meng-compile, mencari kesalahan dan menyebarkan program netbeans yang ditulis dalam bahasa pemrograman java namun selain itu netbeans bisa mendukung bahasa pemrograman lainnya dan program ini juga bebas untuk digunakan dan untuk membuat professional dekstop, web, enterprise, and mobile applications dengan Java language, C/C++, dan bahkan dynamic languages seperti PHP, JavaScript, Groovy, dan Ruby

Membuat Program Java di Netbeans

Untuk menjalankan netbeans, silahkan download softwarenya disini atau disini, setelah itu diinstal. Untuk tampilan awal IDE Netbeans sebagi berikut:

Tampialan Awal Netbeans

Untuk membuat aplikasi java, kita buat project baru dulu dengan cara klik File -> New Project

klik file kemudian pilh new project

Setelah itu tampil jendela new project. lalu di bagian categories kita pilih java, lalu di sampingnya bagian projects kita pilih java applications karena kita akan membuat aplikasi java baru.

pilih java application

Setelah itu klik tombol next. dan akan masuk ke langkah berikutnya. Silahkan isikan nama project yang akan di buat. Dan jangan lupa simpan project tersebut dengan klik tombol browse. Untuk create main class bisa diceklist jika ingin buat main class secara otomatis. Untuk latihan kita hilangkan checklist di main classnya.

buat nama project

Setelah itu tekan tombol finish dan akan masuk ke tampilan berikut

Hasil Project Baru sebelum buat program java

Selanjutnya, agar project kita rapi, kita buat dulu packagesnya. Caranya klik kanan pada nama projectnya kemudian pilih new java package.

Buat package baru

Kemudian masukkan nama package nya dan klik tombol finish.

masukkan nama package

Jika sudah dibuat, hasilnya sebagai berikut

package baru

Setelah Packages selesai dibuat, langkah selanjutnya kita buat programnya. untuk latihan, kita buat dulu program dengan membuat class baru. Untuk caranya kita klik kanan pada packages yang telah dibuat tadi lalu pilih new – java class.

pilih new java class

Masukkan nama class kemudian tekan tombol finish.

masukkan nama class

untuk tampilan awal sebagai berikut:

tempat menuliskan kode program

selanjutnya kita tuliskan linsting programnya di bawah public class. Untuk latihan kita tuliskan script berikut:

public class Latihan1 {    
    public static void main(String[] args) {
        System.out.println("Program Java Pertama Saya");
    }
}

Untuk menjalankan programnya kita bisa klik run run file atau bisa langsung klik kanan lalu pilih run file atau kita bisa pakai shortcut shift+F6

cara run

Untuk Hasilnya sebagai berikut

Penjelasan program

Nama Class

Di baris paling awal terdapat perintah public class Latihan1. Kode ini dipakai untuk menulis nama class ke dalam kode program kita. public artinya class tersebut bisa diakses di luar class. Nama class ini boleh ditulis bebas, tapi kebiasaan programmer java adalah menulisnya dalam format PascalCase, dimana setiap kata diawali dengan huruf besar (termasuk kata pertama) dan tanpa spasi.

Contoh penamaan class ini seperti class HitungLuas, class ProgramKalkulator, atau class BelajarBahasaJava. Kebiasaan seperti ini juga berlaku di hampir semua bahasa pemrograman yang menggunakan konsep pemrograman object, tidak hanya bahasa Java saja.

Di Netbeans, nama class akan dibuat otomatis setelah kita buat class baru. Jika teman teman membuat programnya lewat kode editor sperti notepad++, usahakan penamaan class sesuai dengan nama filenya. Tetapi kita juga bisa menambahkan class lain dengan nama berbeda dengan nama file.

Perintah public static void main(String args[])

Setelah penulisan nama class, terdapat perintah public static void main(String args[]). Ini merupakan function atau method yang terdiri dari beberapa keyword yang sebenarnya agak kompleks jika kita bahas sekarang.

Untuk bisa memahaminya, harus menunggu sampai masuk ke materi tentang pemrograman object (OOP). Tapi sebagai gambaran dasar, saya akan jelaskan secara singkat:

  • public: Berfungsi sebagai access modifier, yakni batasan akses dari sebuah kode program. Jika ditulis public, maka kode tersebut bisa diakses dari luar class. Nantinya ada beberapa access modifier lain seperti private dan protected.
  • static: Menandakan bahwa ini adalah sebuah method yang bisa diakses langsung dari dalam class (tanpa harus membuat object).
  • void: Artinya method ini tidak mengembalikan nilai.
  • main: Ini merupakan nama dari method. Selain itu main adalah nama method khusus yang akan dibaca oleh Java compiler untuk memulai proses compile. Setiap aplikasi Java harus memiliki sebuah main method.
  • (String args[]): Merupakan argument dari main method, yang dipakai untuk ‘menangkap’ sebuah nilai ketika kode program dijalankan dari cmd.

Jika anda tidak paham dengan penjelasan ini juga tidak masalah, karena seperti yang di singgung sebelumnya, kode ini seharusnya baru dibahas ketika masuk ke konsep OOP dari bahasa Java.

Untuk sementara, bisa dibilang bahwa perintah public static void main(String args[]) harus ditulis di setiap file kode program Java. Dan di dalam method inilah kita menulis kode program utama. Untuk cara cepat, kita bisa mengetikkan psvm lalu di tab.

Perintah System.out.println()

Fungsi System.out.println adalah sebuah kode program untuk proses output, yakni menampilkan teks di layar. Nantinya ada beberapa perintah lain yang bisa dipakai untuk proses output seperti ini, dan juga untuk proses input (menerima nilai). Untuk penulisan cepat, kita bisa mengetikkan sout lalu kita tab.

Demikian sedikit penjelasan tentang cara menjalankan program java dengan menggunakan netbeans beserta contoh programnya. Jika masih bingung atau program tadi masih error, bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Sekian Terima kasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Add Comment

Leave a Comment