Bahasa C++

Pengenalan Bahasa Pemrograman C++

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di web matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengenalan bahasa pemrograman C++. Sampai saat ini bahasa C++ masih menjadi bahasa pemrograman populer di dunia. Beberapa developer masih banyak yang menggunakan bahasa pemrograman dalam pembuatan projectnya. Dibeberapa perguruan tinggi, bahasa C++ masih dimasukkan dalam kurikulum terutama untuk matakuliah pemrograman dasar.

Sejarah Bahasa Pemrograman C++

Bahasa C++ diciptakan oleh Bjarne Stroustrup di AT&T Bell Laboratories awal tahun 1980-an berdasarkan C ANSI (American National Standard Institute). Pertama kali, prototype C++ muncul sebagai C yang dipercanggih dengan fasilitas kelas. Bahasa tersebut disebut C dengan kelas ( C wih class). Selama tahun 1983-1984, C dengan kelas disempurnakan dengan menambahkan fasilitas pembebanlebihan operator dan fungsi yang kemudian melahirkan apa yang disebut C++. Symbol ++ merupakan operator C untuk operasi penaikan, muncul untuk menunjukkan bahwa bahasa baru ini merupakan versi yang lebih canggih dari C. Borland International merilis compiler Borland C++ dan Turbo C++. Kedua compiler ini sama-sama dapat digunakan untuk mengkompilasi kode C++. Bedanya, Borland C++ selain dapat digunakan dibawah lingkungan DOS, juga dapat digunakan untuk pemrograman Windows. Selain Borland International, beberapa perusahaan lain juga merilis compiler C++, seperti Topspeed C++ dan Zortech C++.

Tentang C++

C++ diciptakan untuk mendukung pemrograman berorientasi pada objek (Object Oriented Pragramming/OOP) yang tidak dimiliki C. sementara C merupakan bahasa pemrograman terbaik dilingkungannya, bahasa ini tidak memiliki kemampuan OOP. Reputasi C tidak diragukan lagi dalam menghasilkan program .EXE berukuran kecil, eksekusi yang cepat, antarmuka (interfacing) yang sederhana dengan bahasa lain dan fleksibilitas pemrograman. Apa yang membuat C tampak sukar dipelajari mungkin karena tiadanya pemeriksaan tipe. Sebagai contoh, dapat mencampur bilangan bulat dengan string untuk menghasilkan karakter. Namun, justru dsitu letak fleksibilitas C, dapat mengolah data C sebebas mengolah data dalam bahasa assembly.

Struktur Bahasa C++

Program C maupun C++ selalu tersusun dari 4 (empat) bagian utama, yaitu :

  • Bagian komentar yang ditandai dengan symbol // dan pasangan /* … */
  • Bagian pengarah compiler yang ditandai dengan symbol #
  • Bagian deklarasi
  • Bagian definisi

Bagian Komentar

Program yang baik pada umumnya diberi komentar yang akan membantu orang lain maupun pembuat program itu untuk memahami program yang dibuat. Dalam C atau C++ setiap tulisan yang diapit oleh symbol /* … */ atau setiap baris yang dimulai dengan symbol // dianggap komentar.

Contoh C++ menggunakan komentar:

/* contoh.CPP */
/* Program C++ pertamaku */
// belajar C++
#include <iostream.h>
void main ( )
{
cout <<"Selamat Datang" ;
Return 0 ;
}

Bagian Pengarah Compiler

Contoh Program C++

#include <iostream.h>//file header
Void main ( )
{
cout << "Salamat Datang.." ;
Return 0 ;
}

Merupakan statement praprosesor, disebut juga pengarah compiler karena berfungsi mengatur proses kompilasi. IOSTREAM.H merupakan file program yang mengandung deklarasi kelaskelas yang diperlukan oleh objek cout. File-file dengan ekstensi .H yang berisi deklarasi fungsi-fungsi standar C ini, disebut secara umum sebagai file header.

Bagian Deklarasi dan Definisi

Semua program C pada dasarnya tersusun dari rangkaian pemanggilan fungsi yang bekerja atas sekelompok data. Selain pemanggilan fungsi, program C mengandung komponen lain yang disebut statement. Statement C ada dua, yaitu : statement yang tidak dapat dieksekusi / non executable ( bila dikompilasi tidak menghasilkan kode objek dan biasanya digunakan untuk mengatur alur program), dan statement yang dapat dieksekusi / executable (bila dikompilasi akan menghasilkan kode objek). Setiap pemanggilan fungsi maupun statement executable dalam C harus diakhiri dengan tanda titik koma ( ; ).

Contoh Program C++

#include <iostream.h>
void main ( )
{
Char pesan [ ] = "Selamat datang perogramer" ;
cout << pesan ;
return 0 ;
}

Dalam contoh program C++ diatas, Return merupakan contoh statement executable yang menginstruksikan agar suatu fungsi mengembalikan nilai balik tertentu. Contoh statement non executable adalah : If, else, dan while.

Main( ) merupakan contoh fungsi, sedangkan pesan adalah contoh data. Baik data maupun fungsi harus dideklarasikan. Data perlu dideklarasikan agar compiler tahu berapa byte memori yang harus disediakan untuk data yang bersangkutan, sedangkan fungsi perlu dideklarasikan agar compiler dapat memeriksa ketepatan pemanggilan fungsi yang bersangkutan. Deklarasi fungsi sering disebut pula prototype fungsi.

Demikian sedikit penjelasan dari pengenalan bahasa pemrogram C++. Semoga bisa bermanfaat bagi teman-teman semuanya. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan dikomentar.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

#salamCoding

Add Comment

Leave a Comment