Bahasa Pascal

Pengenalan Bahasa Pemrograman Pascal

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan menjelaskan tentang pengenalan bahasa pemrograman pascal. Bahasa Pemrograman Pascal merupakan bahasa pemrograman tingkat tinggi yang banyak dipakai dalam bidang teknik dan sains. Pascal dirancang oleh Prof. Niklaus Writh (Technical University di Zurich, Switzerland) pada tahun 1971. Nama Pascal diambil sebagai penghargaan kepada Blaise Pascal (ahli matematika dan philosopi dari Perancis). Terdapat banyak versi produk Pascal, baik di platform DOS maupun Windows.

Pascal merupakan  salah satu bahasa  pemrograman  yang  memiliki struktur yang cukup baik dan sangat membantu dalam mengetahui dan memahami aliran eksekusi dari tiap statemen maupun sub routine yang telah  dibuat.

Untuk menjalankan program, teman-teman bisa menggunakan free pascal, Turbo pascal atau Dev Pascal. Untuk Aplikasinya silahkan cari di Google.

Struktur Program

  1. Judul Program
  2. Blok Program
    • Deklarasi
      1. Deklarasi Label
      2. Deklarasi Konstanta
      3. Deklarasi Tipe
      4. Deklarasi Variable
      5. Deklarasi Procedure
      6. Deklarasi Function
    • Penyataan

Keterangan
Judul Program
Judul program digunakan untuk memberi nama program dan sifatnya optional. Jika ditulis harus terletak pada awal dari program dan diakhiri dengan titik koma (;).
Contoh penulisan judul program yang benar (jangan gunakan spasi):

Program BelajarPascal;
Program coba;

Blok Program
Bagian kedua adalah blok program, disini anda akan berkreasi dengan bahasa pemrograman pascal yang akan anda pelajari lewat panduan ini.
Ada 2 bagian pada blok program, yaitu Deklarasi dan pernyataan

Deklarasi
Bagian ini menjelaskan secara rinci semua data yang akan digunakan pada suatu program. Berikut macam-macam deklarasi pada pascal.
Deklarasi Label – Digunakan jika pada penulisan program akan menggunakan statemen GOTO (untuk meloncat ke suatu statemen tertentu).
Deklarasi Konstanta – Digunakan untuk mengidentifikasikan data yang nilainya sudah ditentukan dan pasti, tidak dapat dirubah dalam program.
Deklarasi Tipe – Digunakan untuk menyebutkan tipe setiap data yang akan digunakan pada program Pascal.
Deklarasi variabel – Berisi data-data yang bisa berubah-ubah nilainya di dalam program. Deklarasi variabel harus diletakkan setelah deklarasi tipe (jika ada).

Pernyataan
Bagian ini diawali dengan BEGIN dan diakhiri dengan END, setiap statemen yang merupakan instruksi program diakhiri dengan tanda titik koma (;).

Contoh Program

program contoh;{Judul Program}
uses wincrt;

begin
{bagian pernyataan}
writeln('Selamat Datang');{Menampilkan Program Ke Layar}
readkey();{Menghentikan Program}
end.

Jika dijalankan akan tampil sebagai berikut

Hasil Tampilan Program
Gambar 1 Hasil Tampilan

Demikian tadi pengenalan bahasa pemrograman Pascal, Semoga bermanfaat. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan langsung lewat kolom komentar.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

1 Comment

Leave a Comment