Bahasa Java

Tipe Data pada Bahasa Pemrograman Java

Tipe Data Pada Java

Assalamu’alaikum,,, Selamat datang di web matericoding.com. Pada kesempatan ini saya akan membahas tutorial tentang bahasa pemrograman java. Untuk materi yang dibahas kali ini tentang pengertian tipe data pada java. Sebenarnya saya ingin melanjutkan ke bagian variabel dan konstanta, tetapi alangkah baiknya kita bisa tau dulu tentang tipe data, karena variable dan konstanta akan diikuti oleh tipe data.

Pengertian Tipe Data

Tipe data jika dikutip dalam wikipedia adalah

A data type or simply type is a classification of data which tells the compiler or interpreter how the programmer intends to use the data

Jika diterjemahkan kurang lebih seperti berikut:

“Tipe data atau kadang disingkat dengan ‘tipe’ saja adalah sebuah pengelompokan data untuk memberitahu compiler atau interpreter bagaimana programmer ingin mengolah data tersebut”

Secara sederhana, tipe data adalah cara kita memberitahu komputer untuk mengelompokkan data berdasarkan apa yang dipahami oleh komputer.

Sebagai contoh, misalkan saya memiliki data berupa angka. Agar bisa dipahami oleh compiler bahasa Java, data ini harus disimpan ke dalam variabel yang sudah di set agar bisa menyimpan angka seperti tipe data integerfloat dan double. Atau jika data yang harus disimpan dalam bentuk teks atau kata, bisa disimpan ke dalam tipe data String.

Jenis Jenis Tipe Data pada Bahasa Java

Secara garis besar, terdapat 2 kelompok tipe data dalam bahasa Java, yakni tipe data sederhana (Primitive data types), dan tipe data kompleks / object (Non-primitive data types).

Primitive data type, terdiri dari tipe data berikut:

  1. Tipe data Integer: Tipe data untuk angka bulat seperti 5, 7, atau 48.
  2. Tipe data Float/Double: Tipe data untuk angka pecahan seperti 3.14, 5.55, atau 0.00024.
  3. Tipe data Boolean: Tipe data yang berisi nilai true atau false.
  4. Tipe data Char: Tipe data untuk 1 karakter, seperti ‘a’, ‘Z’ atau ‘%’.

Non-primitive data type, di antaranya:

  1. Tipe data String: Tipe data untuk kumpulan karakter, seperti “indah”, “matericoding”, atau “Luas lingkaran”.
  2. Tipe data Array: Tipe data untuk kumpulan tipe data lain yang sejenis.
  3. Tipe data Object: Tipe data khusus yang bisa menampung beragam data, termasuk memiliki function/method sendiri.

Demikian sedikit penjelasan tipe data pada bahasa java. Untuk contoh penggunaanya akan saya jelaskan di materi berikutnya tentang variable pada java, karena telah saya jelaskan sebelumnya kalau tipe data disimpan di dalam sebuah variabel. Jika ada yang kurang paham bisa ditanyakan lewat kolom komentar. Sekian Terimakasih.

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Salam MateriCoding….

(Sumber)

Add Comment

Leave a Comment