Bahasa Python

Variabel pada Bahasa Pemrograman Python

Assalamu’alaikum,,, Selamat datang di web matericoding.com. Pada kesempatan kali ini akan dibahas seri lanjutan tutorial bahasa pemrograman python. Adapun yang dibahas kali ini mengenai variabel pada bahasa pemrograman python. Variabel sering dipakai untuk menyimpan data yang akan di tampilkan.

Pengertian Variabel pada Bahasa Pemrograman Python

Di dalam dunia pemrograman, variabel adalah ‘penanda’ identitas yang digunakan untuk menampung suatu nilai. Nilai tersebut dapat diubah sepanjang kode program. Bisa diibaratkan bahwa variabel ini seperti lemari penyimpanan yang bisa diisi dengan berbagai data, dan isi lemari bisa ditukar jika diperlukan.

Secara teknis, variabel merujuk kepada suatu alamat di memory komputer. Setiap variabel memiliki nama yang dipakai sebagai identitas untuk variabel tersebut.

Cara Pembuatan Variabel pada Bahasa Pemrograman Python

Dalam mendeklarasikan variabel, bahasa pemrograman lebih mudah atau simple dibandingkan bahasa pemrograman lain seperti pasca, c++ ataupun java. Dalam pemrograman Python, dalam penulisan variabelnya tidak perlu diikuti dengan tipe data. Cukup dengan tanda “=” . Seperti contoh sebagai berikut:

kampus = "Amikom Surakarta"
harga= 60000
sukses = True

Di baris pertama, saya membuat variabel dengan nama kampus dan memberinya nilai “Amikom Surakarta”. Di baris kedua saya membuat variabel harga dan mengisinya dengan angka 60000. Di baris ketiga saya membuat variabel sukses dan menginput nilai True.

Operasi pemberian nilai ke dalam sebuah variabel ini disebut juga sebagai operasi assignment, dan berlangsung dari kanan ke kiri. Maksudnya, kode kampus= “Amikom Surakarta” adalah proses pemberian nilai “Amikom Surakarta” ke dalam variabel kampus.

Cara Menampilkan Variabel pada Bahasa Pemrograman Python

Untuk menampilkan variabel dalam bahasa Python, kita bisa menggunakan perintah print, lalu menulis nama variabel di dalam tanda kurung seperti contoh berikut:

kampus = "Amikom Surakarta"
harga= 60000
sukses = True

print(kampus)
print(harga)
print(sukses)
hasil run contoh program variabel pada bahasa pemrograman python

Dalam kode ini saya membuat 3 buah variabel, mengisinya dengan sebuah nilai, dan menampilkannya menggunakan perintah print.

Sepanjang penulisan program, nilai dari sebuah variabel bisa ditimpa dengan nilai lain. Berikut contohnya:

nama = "Ali"
print(nama)
nama = "Hamzah"
print(nama)
nama = "aisyah"
print(nama)

Disini saya membuat variabel nama yang nilai awalnya berupa teks “Ali”, lalu ditimpa menjadi “Hamzah” di baris ketiga, dan kembali ditimpa menjadi “aisyah” di baris kelima.

Variabel di dalam Python tidak terbatas untuk dalam satu tipe saja. Sebuah variabel bisa diisi dengan berbagai tipe data, mulai dari teks (string), angka (number), dan berbagai tipe data lain. Berikut percobaannya:

Kali ini saya membuat sebuah variabel dataku yang diisi teks “Ali” (baris 1). Kemudian nilai variabel dataku ditimpa dengan angka 18 (baris 3). Terakhir nilai variabel dataku kembali ditimpa menjadi False (baris 5).

Sepanjang kode program di atas, isi variabel dataku sudah berubah dari tipe data string (teks), number (angka) dan boolean (True / False). Semua ini bisa dilakukan pada bahasa pemrograman Python.

Aturan Penamaan Variabel dalam Bahasa Python

Dalam bahasa pemrograman, terdapat beberapa aturan pembuatan nama variabel, dan ini juga berlaku di dalam bahasa pemrograman Python:

  •  Variabel bisa terdiri dari huruf, angka dan karakter underscore / garis bawah ( _ ).
  •  Karakter pertama dari variabel hanya boleh berupa huruf dan underscore ( _ ), tidak bisa berupa angka. Namun variabel yang diawali dengan karakter underscore bisa bermakna khusus di dalam Python.
  •  Variabel harus selain dari keyword. Sebagai contoh, kita tidak bisa memakai kata continue sebagai nama variabel, karena continue merupakan keyword atau perintah khusus dalam bahasa Python.

Secara teknis, aturan penamaan variabel merujuk ke aturan penamaan identifier. Identifier adalah sebutan untuk “nama sesuatu” yang ditulis oleh programmer. Dan aturan di atas tidak hanya berlaku untuk nama variabel saja, tapi juga untuk nama function, nama class, nama object yang semuanya termasuk identifier.

Penulisan Konstanta Pada Bahasa Pemrograman Python

Bahasa Python tidak mengenal adanya konstanta, yakni variabel yang nilainya tidak bisa diubah sepanjang kode program. Untuk mengatasi hal ini, kesepakatan programmer Python adalah dengan membuat nama variabel dalam huruf besar untuk menandakan sebuah konstanta, seperti kode program berikut:

PI = 3.14
BULAN_4 = "April"
NAMA_WEBSITE = "MateriCoding"

Sebenarnya tidak lain saya membuat 3 buah variabel. Hanya saja karena nama variabel ini ditulis dalam huruf besar semua, sebagian besar programmer Python akan menganggapnya sebagai konstanta.

Demikian pembahasan tentang penulisan Variabel pada bahasa pemrograman Python. Untuk tutorial selanjutnya akan dibahas mengenai tipe data. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat kolom komentar.

Sekian Terimakasih

Wassalamu’alaikum Wr Wb

#SalamMateriCoding

(sumber)

Add Comment

Leave a Comment