Bahasa Pascal

Variable dan Constanta pada Bahasa Pemrograman Pascal

Assalamu’alaikum Wr Wb

Selamat datang di Matericoding.com. Pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang bahasa pemrograman Pascal. Pada postingan sebelumnya telah dibahas tentang pengenalan bahasa pemrograman Pascal, dan untuk kali ini saya akan jelaskan mengenai Variable dan constanta pada bahasa pemrograman Pascal. Variable sering digunakan dalam bahasa pemograman apapun. Dan biasanya diikuti dengan Type data. Untuk penjelasan type data akan saya jelaskan pada postingan berikutnya.

Pengertian Variable

Berikut pengertian Variabel dalam bahasa pemrograman

Variabel adalah suatu tempat yang digunakan untuk menampung data atau konstanta di memori yang mempunyai nilai yang dapat berubah–ubah selama proses program.

Untuk memudahkan pemahaman dalam variable, saya asumsikan variable adalah sebuah kamar yang kita pesan pada sebuah hotel. Ketika anda mendeklarasikan sebuah variabel, hal itu berarti anda sedang memesan sebuah tempat(kamar) ke dalam memori untuk anda gunakan kedalam program. Lalu anda bisa isi variable tersebut dengan data sesuai dengan Type Datanya. Apakah berupa angka, huruf ataupun yang lainnya.

Sifat dari variabel adalah sementara atau tidak permanen, artinya data atau nilai yang tersimpan dalam variabel akan hilang ketika program dimatikan. Nama variable tidak boleh sama antara variabel satu dan yang lainnya.

Perbedaan Variable dengan konstanta

Konstanta pada dasarnya sama seperti variabel, hanya saja nilai yang tersimpan dalam konstanta tidak dapat dirubah dalam proses program atau bersifat tetap. Jadi yang membedakan variabel dan konstanta adalah sifat dari wadah tersebut. Jika variabel memiliki nilai yang dapat berubah-ubah maka konstanta bersifat tetap. Untuk contoh program dengan constanta akan saya jelaskan dipostingan selanjutnya.

yang membedakan variabel dan konstanta adalah sifat dari wadah tersebut. Jika variabel memiliki nilai yang dapat berubah-ubah maka konstanta bersifat tetap

Cara Penulisan Variable dan Constanta

Untuk penulisan variable dan constanta pada bahasa pemrograman pascal biasanya diletakan diatas, dibagian blok deklarasi (Sebelum begin).

Untuk struktur penulisan variable sebagai berikut:

Var namaVariabel: TipeData;

Struktur Penulisan constanta sebagai berikut:

const namaKonstanta: nilai;

Untuk aturan penulisannya sebagai berikut:

  • Karakter pertama harus berupa huruf
  • Karakter kedua dan seterusnya dapat berupa angka atau underscore ( _ )
  • Tidak boleh menggunakan spasi

Contoh penulisan variable dan Constanta pada bahasa pemrograman pascal

const pi=3.14;{penulisan constanta}
Var nama_lengkap,alamat : String;
    Panjang:integer;
    Bilangan1:integer;

Contoh pemberian nilai pada variabel

Panjang:=10;
Nama_lengkap:='Nuryanto';

Demikian tadi penjelasan tentang variable dan constanta pada bahasa pemrograman Pascal. Untuk contoh penggunaan programnya akan saya jelaskan pada postingan berikutnya karena berhubungan dengan type data. Jika ada pertanyaan bisa ditanyakan lewat kolom komentar.

Terimakasih atas kunjungannya dan semoga bermanfaat

Wassalamu’alaikum Wr Wb

Add Comment

Leave a Comment